Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII D melalui Model Group Investigasi

Rina Guswati

Abstract


The lecture technique that does not vary used is not suitable for students because it is less fun and makes learning meaningless and this low learning outcome occurs in students of SMPN 10 Muaro Jambi. The low student learning outcomes are caused by the lack of accuracy in using the learning model. The investigative group learning model can be an alternative to fun learning, improving learning outcomes and making students build their own knowledge.

Keywords


Group, Investigation, Interest, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Akhmadan, Widyastuti. (2012). Teori Belajar Bruner dan Dienes[Online]. Tersedia: http://blog.unsri.ac.id/download3/14369.pdf.

Rina Guswati, Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII D melalui Model

Group Investigasi

Astika, Dewi. 2005. Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Tumbuhan melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Kelas IV Purworejo. Online. http://www.wordpress.com/pdf.com. Online. Diakses tanggal 14 November 2010.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Hurlock, Elizabeth., 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Kehidupan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kunandar. 2008. LangkahMudahPenelitianTindakan Kelas. SebagaiPengembanganProfesi Guru. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Kamdi, Waras. 2008. SiklusBelajar, PembelajaranKooperatif dan Media Pendidikan DalamPembelajaranFisika.www.wikipedia.org/html.com. Diaksestanggal 27 Juli 2009.

Muchtar, dkk. 2004. Fenomena Sains.Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk kelas 4 SD. Jakarta: Yudistira.

Muhibbin, Syah. 2002. PsikologiBelajar. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian. Surabaya: SIC

Joyce,B. Dan Weil,M. ( 1980) Model Of Teaching. Scond Edition. Englewood New Jersey: Prentice Hall,Inc

Munandar, S.C.U . ( 1992 ) Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak . Jakarta: Gramedia

Sudirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Udin.S. Winataputra, 2005. Model-model Pembelajaan Inovatif, Pusat anantar

http://lela68.wordpress.com/2011/09/22/model-pembelajaran-investigasi-kelompok-pada-pemecahan-masalah-matematika/(diakses rabu 8 pebruari 2012)

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com