Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMKN 1 Rengasdengklok

Nia Sagita, Attin Warmi

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMKN 1 Rengasdengklok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Rengasdengklok Tahun Ajaran 2020/2021 dan sampel nya adalah siswa kelas X TEI 1 sesi 1. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis korelasional, pengujian persyaratan analisis data, dan pengujian hipotesis. Instrumen yang digunakan untuk kemandirian belajar adalah angket sedangkan untuk hasil belajar adalah tes tertulis atau PTS (Penilaian Tengah Semester). Hasil penelitiannya adalah terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dan juga siswa sudah mampu belajar mandiri tanpa adanya dorongan atau bantuan dari orang lain, namun masih banyak siswa yang belajar mandiri jika adanya dorongan atau bantuan dari orang lain sehingga kemandirian belajar memperoleh kategori sedang. Besar sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 22.7% dan sisanya sebesar 77.3% disumbang oleh variabel-variabel lain.

Abstract. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of student learning independence on the mathematics learning outcomes of students at SMKN 1 Rengasdengklok. The population in this study were students of SMKN 1 Rengasdengklok for the academic year 2020/2021 and the sample was class X TEI 1 session 1. The method used was quantitative with correlational analysis, testing data analysis requirements, and testing hypotheses. The instrument used for independent learning is a questionnaire while for learning outcomes is a written test or PTS (Middle Semester Assessment). The results of the research are that there is an influence of student learning independence on students' mathematics learning outcomes and also students are able to learn independently without any encouragement or assistance from others, but there are still many students who study independently if there is encouragement or assistance from others so that learning independence gets a moderate category. . The contribution of independent learning to mathematics learning outcomes is 22.7% and the remaining 77.3% is contributed by other variables.


Keywords


Mathematics Learning Outcomes, Independent Learning, Influence

Full Text:

PDF

References


Azmi, S. (2016). Self regulated learning salah satu modal kesuksesan belajar dan mengajar. Prosiding Seminar ASEAN Psikologi dan Kemanusiaan Kedua, 400–406. https://mpsi.umm.ac.id/files/file/400-406 Shofiyatul Azmi.pdf

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., dan Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78

Dewi, N., Asifa, S. N., dan Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. PYTHGORAS:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48–54. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2293

Hapsyah, R., Permana, N., dan Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa SMP terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik dan Pemecahan Masalah. Journal On Education, 1(3), 119–127. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.128

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., dan Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9

Indah, R. P., dan Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat, 8(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Murdiani. (2018). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 35–40.

Ningsih, R., dan Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Nurfadilah, S., dan Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Qalbu, N. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur [Universitas Islam Negri Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi]. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8050

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., dan Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Suhendri, H., dan Mardalena, T. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Wiriani, W. T. (2021). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 2(1), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.436




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com