Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Kewirausahaan dan Hasil Belajar dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Reguler Angkatan 2013 Pendidikan Ekonomi

Rosmiati Rosmiati, Zuhri Saputra Hutabarat

Abstract


Setiap mahasiswa mempunyai perhatian khusus terhadap mata kuliah tertentu, hal tersebut dapat dilihat dari semangat dan minat belajar mahasiswa terhadap mata kuliah yang diminati oleh mahasiswa. Ada beberapa program mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa untuk membekali lulusan pendidikan ekonomi agar menjadi mandiri atau dapat berusaha sendiri. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dan hasil belajar dengan minat berwirausaha mahasiswa reguler angkatan 2013 pendidikan ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa reguler angkatan 2013 Pendidikan Ekonomi sebanyak 44 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket. Setelah itu dianalisis dengan korelasi parsial product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan berkriteria baik terhadap hasil belajar mahasiswa, serta memiliki minat berwirausaha yang tinggi. Penelitian ini juga menunjukkan hubungan yang tinggi dan signifikan antara antara persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dengan minat berwirausaha pada mahasiswa reguler angkatan 2013 pendidikan ekonomi ,yaitu sebesar rhitung 0,694. Terdapat hubungan signifikan antara hasil belajar dengan minat berwirausaha pada mahasiswa reguler angkatan 2013 pendidikan ekonomi, yaitu sebesar rhitung 0,703. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dan hasil belajar dengan minat berwirausaha pada mahasiswa reguler angjatan 2013 pendidikan ekonomi ,yaitu sebesar rhitung 0,740.


Keywords


Persepsi Mahasiswa dan Hasil Belajar dengan Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyanti Dan Mudjiono. 2010. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

Jihad, Asep Dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kamil, Mustofa. 2012. Model Pendidikan Dan Pelatihan. Bandung : Alfabeta.

Prawikusumo, Soeharto. 2010. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta:BPFE Yogyakarta. Rasyid, Harun Dan Mansyur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Wacana Prima.

Rachmat, Jalaluddin. 2000. Psikologi Komunikasi. Bandung : Rosda Karya

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara.

Uno. B. Hamzah. 2014. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2010. Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.

Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com