Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh terhadap Kualitas Pembelajaran Daring SMK Kota Jambi

Novia Sri Dwijayanti, Nurmala Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: (1) profesionalisme kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran daring; (2) kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring; dan (3) profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian Ex Po Facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 46 orang. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh X1 terhadap Y dengan thitung > ttabel (3,873 > 2,01669); (2) terdapat pengaruh X2 terhadap Y diperoleh thitung > ttabel (2,480 > 2,01669); (3) terdapat pengaruh secara simultan, X1 dan X2 terhadap Y berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel (16,506 > 3,214) dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,434 yang berarti bahwa kualitas pembelajaran daring dipengaruhi oleh profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru sebesar 43,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Kota Jambi.


Keywords


Profesionalisme, Literasi Digital, Kualitas Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. Ulumudin, Ikhya dan Sofyatiningrum, Etty. 2017. Kompetensi Guru: Refleksi Kritis dan Pemikiran Alternatif. Jakarta: Edu Pustaka.

Arikunto, Suharsini. 2013. ProsedurPenelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barizi, Ahmad dan Idris, Muhammad. 2014. Menjadi Guru Unggul: Bagaimana Menciptakan

Pembelajaran yang Produktif & Profesional. Depok: Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional,

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Novia Sri Dwijayanti dan Nurmala Sari, Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh terhadap Kualitas Pembelajaran Daring SMK Kota Jambi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi

Nasional. Jakarta.

Khairinal. 2016. Menyusun: Proposal, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jambi: Salim Media Indonesia.

Masitoh, Siti. 2018. Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Vol 1 No 3. 13-34. ISSN: 2548-6160.

Priansa, Donni Juni.2018. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

Setyosari, Punaji. Oktober 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi

dan Teknologi Pembelajaran. Vol: 1, No:1. Hal: 20-30.

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. 2015.

Cet. 1. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com