Kejenuhan Belajar Pada Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Pamona Selatan

Agrinanda Penyami, Nurwahyuni Nurwahyuni, Dhevy Puswiartika, Dian Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri Se-Kecamatan Pamona Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang meggunakan angket kejenuhan belajar sebagai instrumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 75 siswa kelas XI di SMA Negeri Se-Kecamatan Pamona Selatan. Hasil analisis deskriptif tentang kejenuhan belajar siswa yang disajikan dalam bentuk persentase menunjukkan bahwa kejenuhan belajar di SMA Negeri Se-Kecamatan Pamona Selatan terbagi menjadi empat kategori yaitu ada 6 atau 8% siswa yang memiliki kejenuhan belajar sangat tinggi, ada 66 atau 88% siswa yang memiliki kejenuhan belajar tinggi, ada 1 atau 1,3% siswa yang memiliki kejenuhan belajar rendah dan 2 atau 2,7% siswa yang memiliki kejenuhan belajar sangat rendah, kesimpulan dari hasil survei kejenuhan belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Pamona Selatan berada pada kategori tinggi.

Keywords


Kejenuhan belajar, siswa sma

Full Text:

PDF

References


Agusriani, a., & fauziddin, m. (2021). strategi orang tua mengatasi kejenuhan anak belajar dari rumah selama pandemi covid-19. jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 5(2), 1729-1740.

Agustina, Poppy., dkk. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol. 04. No. 01

Vitasari, I. (2018). Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kesepian Dan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 9 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kurnia, D. (2021). Dinamika gejala kejenuhan belajar siswa pada proses belajar online faktor faktor yang melatarbelakangi dan implikasinya pada layanan bimbingan keluarga. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.

Micha Silalahi, dkk (2023) Students’ academic burnout during limited face-to-face learning process in Sigi Regency. Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) 10 (1), 53-58.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com