Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Drama pada Siswa Kelas VIII MTS As`ad Olak Kemang Kota Jambi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Amir, Taufiq (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Berdianti, Ika. 2008. Membuat Puisi. Semarang: PT Sindur Press.
De Bono, Edward, Revolusi Berpikir Edward de Bono: Belajar Berpikir Canggih dan Kreatif dalam Memecahkan Masalah dan Memantik Ide-ide Baru, (Terjemahan dari: Teach Your Child How to Think, oleh: Ida Sitompul dan Fahray Yamani), Bandung: Kaifa, 2007.
Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta : CAPS
Lestari, Evi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMAN 2 Pinrang. Skripsi. Makassar :UIN Alauddin
Fauzy, Harry D. 2007. Bagaimana Menulis Drama: Sebuah Tuntutan Praktis Menulis Drama Bagi Kepentingan Pentas. Bandung: Amico
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara
Joenaidy, Abdul Muis. (2009). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta:Laksana.
Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Medifa.
Kosasih, E. 2009. Mantap Bersastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya
Musthofa. Ibadi (2016). Belajar Menulis Teks Berita dengan Media Cetak Model Quantum Teaching. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Pamungkas. Trian (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Bogor: Guepedia
Pardjimin. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Ghalia Indonesia Printing.
Purwati, Duwi. 2020. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Potensi Lokal (Panduan Menulis Teks Drama dengan Mudah). Surabaya : CV Jakad Media Publishing
Redhana. Wayan.2012. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.
Rika. Ketut.2012. Pengaruh Model Pembalajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjiau dari Gaya Kognitif Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.
Satoto Endar Nayono, dan Nuryadin ER. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Lerning pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.
Suharianto. 1982. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.
Sunarti dan Yani Maryani. 2007. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Sunaryo.Yoni.2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Universitas Terbuka. Tasikmalaya.
Tarigan, Henry Guntur. 1984. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 2003. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.
Wiyanto, Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.
Zuriah, Nurul. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.634
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com