Penggunaan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Bayung Lencir
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindyajati, Y. R., & Choiri, A. S. (2017). The Effectiveness Of Using Word Wall Media To Increase Science-Based Vocabulary Of Students With Hearing Impairment. European Journal of Special Education Research, 2(2), 14–23. https://doi.org/10.46827/ejse.v0i0.441
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bastian, A., Zaliluddin, D., & Ramdani, A. M. (2019). Pengembangan Media Learning Game Al-Qur’an Berbasis Multimedia Interaktif. INFOTECH Journal, 5(2), 29–33.
Bungin, B. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif (2nd ed.). Jakarta: Kencana Predana Media Grup.
Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233. https://doi.org/10.32509/ wacana.v18i2.924
Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud RI.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Lestari, W. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar. Jambi: Universitas Jambi.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosidakarya.
Margono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muali, C. (2018). Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–11.
Nurdiyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Nurgiyantoro. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pranata, A. K. (2017). Penggunaan Teknik 3-P untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Berbasis 5W+ 1H Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–10.
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rahayu, L. (2019). Pengaruh Pembelajaran Jurnalisme Sastra terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.
Rahayu, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas X Dalam Menulis Puisi Di Pesantren Al-Falah Lam U Aceh Besar. Banda Aceh: Bina Bangsa Getsempena.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
Sartika, R. (2017). Implementing Word Wall Strategy In Teaching Writing Descriptive Text For Junior High School Students. Journal of English and Education, 5(2), 179–186.
Suarmini, N. K. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp Negeri 1 Tegallalang. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wartini, C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 256–263. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.8477
Yusra, D., Mikaresti, P., & Salim, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Akting Berbasis Youtube pada Materi Olah Tubuh dan Olah Mimik. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2), 14–30.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com