Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 13 Tanjung Batu

Cici Sanita Mutiah, Magdad Hatim, Ida Suryani

Abstract


This research was motivated by a lack of learning motivation given by teachers to fifth grade students which was carried out at SD 13 Tanjung Batu. This research aims to determine the motivation of fifth grade students at SD 13 Tanjung Batu in participating in Mathematics learning. This research is a qualitative descriptive study. The method used is qualitative with data collection techniques using triangulation. The subjects of this research were all class V students at SD 13 Tanjung Batu, totaling 30 students. The data analysis technique uses qualitative descriptive analysis using the Miles and Huberman model. The results of the research show that the motivation of class V students in participating in Mathematics learning at SD Negeri 13 Tanjung Batu in learning Mathematics, there are 77.5% of students who are happy. The majority of students agree and strongly agree to doing questions (78%) and doing homework (73%). Apart from that, the majority of students also agreed and strongly agreed that they could get good grades (77.5%). Students' awareness of learning was 74.6%. As many as 70% of students (13 students) strongly disagree with cheating.

Keywords


motivation, mathematics learning, qualitative

Full Text:

PDF

References


Ambros. (2021). Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan dasar, 2(2), 26-30.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Chusni, dkk. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Sukaharjo: PRADINA PUSTAKA.

Desvitasari, L. (t.thn.). Peningkatan motivasi dan pemahaman konsep IPA dengan penggunaan VCD pembelajaran pada siswa kelas IV SDN KARANGMOJO III Tahun ajaran 2011/2012.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran . Lantanida journal , 93-196.

Fitri, Y. r., & ain, S. q. (2022). Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal pendidikan islam dan multikulturalisme , 291-308.

Giawa, dkk. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327-332.

Handayani, D. Y. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas atas SD Negeri 1 Taruban Nogosari Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masal Pandemi di Desa Depokrejo, kebumen. TASYRI: JURNAL TARBIAYAH-SYARI'AH ISLAMIYAH, 27(2), 23-32.

Hermus hero, m. e. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di sekolah dasar inpres iligetang . Jurnal riset pendidikan dasar, 129-139.

Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di sekolah dasar inpres iligetang. Jurnal riset pendidikan dasar, 129-139.

Julhidayat muhsam, i. w. (2021). Hubungan antara respon siswa dalam pembelajaran atas motivasi belajar kelas IV sekolah dasar. Jurnal ilmu pendidikan nonformal , 263-272.

Kadek agus wiradana, d. p. (2022). Komunikasi guru dan hubungannya dengan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar . Indonesian journal of instruction , 64-72.

krismony, N. P., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249-257.

kurniawati, E. f. (2020). Implementasian e-modul etnokonstruktivisme terhadap motivasi belajar peserta didik. jurnal penelitian ilmu pendidikan, 10-21.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Mahlianurrahman. (2017). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui implementasi metode inquiry kelas V sekolah dasar. jurnal ilmiah sekolah dasar, 252-259.

Manuhutu. (2015). Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi Kelas VIII SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Promosi: Pendidikan Ekonomi, 3(1), 104-115.

Melisa, P. V., & ED, P. (2021). Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 339-345.

Mutiaramses, dkk. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas, 6(1), 43-48.

Nurdiyanti. (2022). Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Pekalongan: NEM.

Olenggius jiran dores, f. a. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar nrgeri 4 sirang setambang tahun pelajaran 2018/2019. Analisi minta belajar , 38-48.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Putri viola melisa, E. p. (2021). Dukungan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar . Jurnal mimbar ilmu, 339-345.

Putri, A., & Pelipa, E. D. (2015). “Hubungan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 1(1), 9-18.

Rahmawati, R. (2016). faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada X sma negeri 1 piyungan pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2015/2016.

rahmawati, R., kasdi, A., & riyanto, Y. (2020). Pengaruh model arias terhadap motivasi belajar dan kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Jurnal kajian pedidikan dan hasil penelitian, 2460-8475.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Ritonga, L. A., & Amin, H. (2021). Analisis Literasi Media Matematika Menggunakan Sofware Geogebra Berdasarkan Motivasi Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1886-1892.

Sabrina. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198-203.

Saputri. (2016). Integrasi Tembang Pocung dalam Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata pada Tema Alat Opik untuk Mendeskripsikan Sikap Ilmia dan Motivasi Belajar Siswa. UPEC Unnes Physics Education Journal, 5(1), 85-94.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanti, O. P. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kerukunan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas atas di SD Muhammadiyah 16 Karangasem tahun 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Utami, D. w. (2017). Kontribusi kebersihan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. jurnal pendidikan guru sekolah dasar , 289-298.

Warsah. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com