Rekayasa Gambar Cara Kerja Alat Ucap Menghasilkan Bunyi Vokal dan Konsonan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Fonologi Berbasis Project Based Learning-PjBL

Akhayaruddin Akhayaruddin, Hilman Yusra

Abstract


Penelitian ini bertujuan menerapkan model Project Based Learning-PjBL dalam pembelajaran “rekayasa gambar cara kerja alat ucap menghasilkan bunyi vocal dan konsonan bahasa Indonesiaâ€. Metode yang digunakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek, yaitu  diawali dengan (1) menyusun masalah utama dan prosedur pemecahannya; (2) membentuk kelompok belajar, menjelaskan tujuan pembelajaran, dan skenario pemecahan masalah; (3) mengidentifikasi fakta, konsep dalam masalah, dan menghubungkannya dengan  berbagai sumber/informasi yang relevan, dan menetapkan alternatif pemecahan masalah yang berkaitan dengan “rekayasa gambar cara kerja alat ucap menghasilkan bunyi vocal dan konsonan bahasa Indonesiaâ€, (4) mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah lengkap dengan alasannya dalam bentuk presentasi klasikal; (5) menilai partisipasi aktif mahasiswa dan produk proyek yang dihasilkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat menciptakan suasana belajar yang autentik, aktif-partisipatif, autentik, kolaboratif, dan inovatif; prestasi belajar mahasiswa pun meningkat dengan capaian rerata nialai katif-partisipatif dan nialai proyek Kelompok I 86 berkategori sangat baik (A); Kelompok II 84,5 berkategori sangat baik (A); Kelompok III 82 berkategori sangat baik (A); dan Kelompok IV 89,5 berkategori sangat baik (A).


Keywords


Pembelajaran, Proyek, gambar alat ucap

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, 1997, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.

Ainin, Nurul & Dwikoranto, (2019), Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Alat Optik, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 8 (3) 2302-4496.

Akhyaruddin, (2021) Bahan Ajar Fonologi Bahasa Indonesia. Jambi: PT Komunitas Gemulun Aksara Indonesia.

------- dan Yusra, Hilman, (2022), Implementasi PjBL dalam Pembelajaran Morfologi Bahasa Indonesia, Jurnal Dikdaya, 12 (1)

------- dan Setyonegoro, Agus (2023) Implementasi PjBL dalam Pembelajaran Sintaksis Bahasa Indonesia, Submitted Jurnal Edumaspul, ISSN 2548-820:2580-0469.

Azzahra, A, (2017), Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jamur. Jakarta: UIN Jakarta.

Dewi, Citra Ayu & Abdul Hamid (2015), Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogenâ€, 3 (2), ISSN 2338-6480.

Hikmah, Isna Laily, (2016), Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Berorientasi Soft Skills Pada Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Diakses dari https://lib.unnes.ac.id/ pada 1 Agustus 2020.

Muslich, Mansur, 2011, Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Bumi Aksara

Mahsun, (2014), Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja grafindo persada.

Nurussaniah dan Ramandha, (2016), Effec to of Problem Based Intruction on Higher Other Thinking Skills. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), Pascasarjana Ilmu Fisika, UNS. 96-99.

Syarafina, Dita Nur. & Rofi Amiyani, (2017), Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 978-602-73403- 3-6.

Rusdi, M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rustam, (2020), Hots-Oriented Indonesian Language Learning in Senior High School in Jambi, Jurnal Retorika: Jurnal Bahas, Sastra dan Pengajarannya. 13 (2) 225-235 ISSN: 2614-2716 (print), ISSN: 2301-4768.

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konsruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com