Peningkatan Kreativitas melalui Penerapan Pembelajaran Team Based Project pada Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.S. Munandar dkk. 2019. Peran Budaya Organisasi dalam Peningkatan Untuk Kerja Perusahaan. Jakarta : Bagian Psigokologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologo Universitas Indonesia.
Akhiruddin, H. Susilo & Ibrohim (2020). “Pengaruh Penggunaan Modul Inkuiri Dipadu PjBL Berbahan Ajar Potensi Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMAâ€. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 1 (10), 1964-1968. EISSN:2502-471X.
Anik, Pamilu. 2017. Mengembangkan kreativitas dan kecerdasan anak. Jakarta: Buku kita
Astuti, R. 2019. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBLâ€. Bioedukasi 8 (2) 37-41. ISSN: 1693-2654.
Clair, Katherine St. dkk. 2012. Team-Based Learning in a Statistical Literacy Class. Journal of Statistics Education, Vol.20, No.1.
Filsaime, D. 2018. Menguak Rahasia Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Insyasiska, D., S. Zubaidah & H. Susilo. (2019). “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologiâ€. Jurnal Pendidikan Biologi 7 (1) 9-21
Kurikulum D3. (2018). Revisi Kurikulum 2017 Prodi Manajemen Pemasaran Tim Penyusun Kurikulum Prodi Manajemen Pemasaran Program Diploma III Universitas Jambi.
Kusumaningrum, S. & D. Djukri. (2016). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitasâ€. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, ISSN: 2406-9205, Online ISSN: 2477-4820, 2 (2) 241 – 251.
Ouellette, P. S., & Blount, K. (2018). Team Based Learning in a Graduate Nurse Residency Program. The Journal of Continuing Education in Nursing Vol.44 No.12, 572-577.
Park, S.J., dkk. 2015. Effects of Problem Based Learning on the Learning Attitudes, Critical Thinking Disposition and Problem Solving Skills of Nursing Students: Infant Care. Advanced Science and Technology Letters, Vol.103.
Parmele, D,. dkk. 2012. Team Based Learning: A Practical Guide. Amee Guide Medical Teacher No.65.
Sigit Indrawijaya 1, Ade Perdana Siregar 2, Peningkatan Kreativitas melalui Penerapan Pembelajaran Team Based Project pada
Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual
Rais. M. (2018). Project based learning: Inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Makalan disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2018. Surabaya: Unesa.
Rasana, I. D. P. R. (2019). Model-Model Pembelajaran. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha Rati, N. W., N. Kusmaryanti, dan N. Rediani. (2017). “ Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa†6 (1) 60-71. P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207
Saparahayuningsih, S. 2017. “Peningkatan Kecerdasan dan Kreativitas Siswa (Improving Students’ Intelligence and Creativity)â€. (1) 1.
Santyasa, I Wayan. 2016. Pembelajaran inovatif: model kolaboratif, basis proyek dan orientasi NOS. Makalah. Semarapura: Universitas Pendidikan Ganesha
Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27.
Sugihartono, dkk, 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
The George Lucas Educational Foundation. (2015). Edutopia Modules. Instructional Module Project Based Learning: The George Lucas Educational Foundation
Universitas Jambi, P. P., Penelitian, H., Pembelajaran, I., Masyarakat, P. K., & Jambi, U. (2021). Panduan Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Inovasi Pembelajaran ( Teaching Grant ) Berbasis Proyek ( Project Based Learning -PjBL ) Tahun 2021 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi.
Utami Munandar. 2015. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta
Wardani, Sri. (2015). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Tujuan Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Zubaidah, S. 2018. Keterampilan Abad ke21: Keterampilan yang diajarkan melalui Pembelajaran. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, tanggal 10 Desember 2018 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com