Pengembangan Media Pembelajaran Digital Storytelling Untuk Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Narasi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Naga Wulan. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP 46 Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Skripsi. UNJA.
Abdul Hidayat Salam, dkk. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: Sarnu Untung.
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asri, A. N., Indrianti, T., & Perdanasari, N. 2018. Penerapan Digital Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2).
Audie, Nurul. 2019. Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Halaman 586-595 Vol. 2 No. 1
Banaszewski, Thomas M. 2005. Digital Storytelling: Supporting Digital Literacy In Grades 4 – 12. Ebook.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Pustaka.
Frazel. 2010. Penerapan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Bahasa Metode Pengajaran Dengan Memanfaatkan Komputer Dan Internet. Salah satu metode yang. September 2017.
Heriyana, Wina dan Maureen, Y. Irena. 2014. Penerapan Metode Digital Storytelling Pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik. Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya.
Hidayat, F., & Muhamad, N. 2021. Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam.
Indrawaty Nurhasanah, Youllia dkk. 2011. Implementasi Model CMIFED Pada Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Anak Usia TK dan Playgroup,” JURNAL INFORMATIKA 2.
Iskandarwassid, dan H. Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Keraf, Gorys. 2015. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi Kurikulum.
Khairinal. 2016. Proposal, Skripsi, Tesis, & Disertasi. Jambi: Salim Media Indonesia.
Koesnandar. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Modul Pada Materi Himpunan Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Universitas Negeri Yogyakarta.
Laila, M. 2016. Desain Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi (Pengembangan Diklat Sistemik Model ADDIE). Yogyakarta: Gava Media.
Mahnun, N. 2012. Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, Volume 37,Nomor 1.
Midge Frazel. 2010. Digital Storytelling Guide for Educators (Washington: International Society for Technology in Education.
Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 118–124.
Rizki Puji Lestari and Deli Nirmala. 2020. “Digital Storytelling of English Advertisement in ESP Teaching in Indonesia,” EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture 5, no. 1.
Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Rajawali pers
Semi, Atar. 2013. Dasar-dasar Kemampuan Menulis. Bandung:MU gantara.
Sri Iswati. 2018. Buku Ajar Digital Storytelling. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR
Suparno dan Mohammad Yunus. 2011. Keterampilan Menulis Dasar. Jakarta: UT.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Metode penelitian kuantitif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tarigan, H.G. 2013. Menulis. Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wati, E. R. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Widi Wahyudi. 2015. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, A., Harjono, H. S., & Budiyono, H. (2019). Pengaruh Media Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S-1 PBSI Universitas Jambi. DIKBASTRA, 2(2)
Yuliana, Irma dkk. 2017. Berkreasi Dengan Digital Storytelling Sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran. FKIP UMS. ISBN: 978-602-361-102-7.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com