Pengembangan Media Pembelajaran Digital Storytelling Untuk Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Narasi

Sri Rahayu Gustap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media digital storytelling oleh siswa SMP Adhyaksa 1 Jambi peningkatan kompetensi menulis teks narasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Adhyaksa 1 Jambi pada maret 2024, data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket validasi kepada ahli instrument dan lembar instrument wawancara kepada guru utama dan siswa. Setelah angket dan lembar instumen wawancara dikembalikan, data dianalisi secara kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media digital storytelling mampu menarik minat siswa dalam belajar terutama pada materi teks narasi dalam cerita fantasi. Terdapat keterkaitan dalam hasil wawancara yang dilakukan terhadap siswa SMP Adhyaksa 1 Jambi yang mana dapat menunjang peningkatan kemampuan siswa dalam kompetensi menulis teks narasi. Dengan penilaian dari ahli materi, ahli media dan praktisi. Dengan perolehan media yakni 64% ahli media, 81% dari siswa, sedangkan materi dengan perolehan 93%. Materi pada aspek pembelajaran sudah relevan dengan KI KD yang ada, materi sesuai dengan indikator, kejelasan uraian materi dalam media pembelajaran sudah sesuai, penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dipahami siswa. Untuk sisi media sudah diterapkan dengan baik dari animasi, penggunaan background, audio yang sesuai dan jelas, serta karakter yang mendukung materi. Jika hasil penilaian yang didapatkan oleh peneliti tergolong rentang 60% keatas dengan demikian produk media digital storytelling dapat dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narasi sesuai dengan hasil implementasi produk oleh peneliti. Dari hasil penelitian disarankan bagi guru Bahasa Indonesia kelas VII, penggunaan media digital storytelling dapat digunakan dalam peningkatan kemampuan dan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks deskripsi.

Keywords


Digital Storytelling, Kompetensi Menulis, Teks Narasi

Full Text:

PDF

References


Andi Naga Wulan. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP 46 Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Skripsi. UNJA.

Abdul Hidayat Salam, dkk. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: Sarnu Untung.

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asri, A. N., Indrianti, T., & Perdanasari, N. 2018. Penerapan Digital Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2).

Audie, Nurul. 2019. Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Halaman 586-595 Vol. 2 No. 1

Banaszewski, Thomas M. 2005. Digital Storytelling: Supporting Digital Literacy In Grades 4 – 12. Ebook.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Pustaka.

Frazel. 2010. Penerapan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Bahasa Metode Pengajaran Dengan Memanfaatkan Komputer Dan Internet. Salah satu metode yang. September 2017.

Heriyana, Wina dan Maureen, Y. Irena. 2014. Penerapan Metode Digital Storytelling Pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik. Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya.

Hidayat, F., & Muhamad, N. 2021. Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam.

Indrawaty Nurhasanah, Youllia dkk. 2011. Implementasi Model CMIFED Pada Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Anak Usia TK dan Playgroup,” JURNAL INFORMATIKA 2.

Iskandarwassid, dan H. Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Keraf, Gorys. 2015. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi Kurikulum.

Khairinal. 2016. Proposal, Skripsi, Tesis, & Disertasi. Jambi: Salim Media Indonesia.

Koesnandar. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Modul Pada Materi Himpunan Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Universitas Negeri Yogyakarta.

Laila, M. 2016. Desain Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi (Pengembangan Diklat Sistemik Model ADDIE). Yogyakarta: Gava Media.

Mahnun, N. 2012. Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, Volume 37,Nomor 1.

Midge Frazel. 2010. Digital Storytelling Guide for Educators (Washington: International Society for Technology in Education.

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 118–124.

Rizki Puji Lestari and Deli Nirmala. 2020. “Digital Storytelling of English Advertisement in ESP Teaching in Indonesia,” EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture 5, no. 1.

Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Rajawali pers

Semi, Atar. 2013. Dasar-dasar Kemampuan Menulis. Bandung:MU gantara.

Sri Iswati. 2018. Buku Ajar Digital Storytelling. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR

Suparno dan Mohammad Yunus. 2011. Keterampilan Menulis Dasar. Jakarta: UT.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Metode penelitian kuantitif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tarigan, H.G. 2013. Menulis. Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wati, E. R. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Widi Wahyudi. 2015. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, A., Harjono, H. S., & Budiyono, H. (2019). Pengaruh Media Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S-1 PBSI Universitas Jambi. DIKBASTRA, 2(2)

Yuliana, Irma dkk. 2017. Berkreasi Dengan Digital Storytelling Sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran. FKIP UMS. ISBN: 978-602-361-102-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com