Multimedia 3d Flipbook Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Yusra D

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran untuk mata kuliah Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah merode penelitian pengembangan model ADDIE. Tahapannya dimulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa menilai positif multimedia 3D flipbook untuk mata kuliah Bahasa Indonesia terhadap komponen tampilan, materi, dan pembelajaran. Oleh sebab itu, multimedia ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar mata kuliah Bahasa Indonesia. Uji coba skala kecil menghasilkan nilai rerata 4,8 (kategori sangat layak). Uji coba skala besar menghasilkan nilai rerata 4,43, artinya skor tersebut terletak pada rentang X> 4,20. Ini memperlihatkan bahwa produk multimedia 3D flipbook  yang dikembang  berada pada kategori “Sangat Layak”.

 

 


Keywords


Kata Kunci: multimedia 3D flipbook, media pembelajaran, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2008). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Dewey, Melvil. (2011). Dewey Decimal Classification and Relative Index. 23rd ed.; Joan S. Mitchell, Julianne Beall, Rebecca Green, Giles Martin, and Michael Panzer, eds. Dublin, Ohio: OCLC.

Folkerts, J., Lacy, S., Larabee, A. (2008). The Media in Your Life: An Introduction to Mass Communication (4th ed.) Boston: Pearson Cavazza, F. 2012Education Inc.

Hayati, R. (2019). Penelitian Terapan. https://penelitianilmiah.com/penelitian-terapan/https://lp2m.uma.ac.id/2022/09/30/mengenal-flipbook-apa-itu-manfaat-dan-keunggulannya/.

KHOIRIYAH, S. DAN PRATIKTO, H. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK (E-MODUL OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN YANG BERMANFAAT DI ERA COVID-19). JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN PENDIDIKAN (JEPB). VOLUME 1, NOMOR 6. (2021) HTTP://JOURNAL3.UM.AC.ID/INDEX.PHP/FE/ISSUE/VIEW/84.DOI: HTTPS://DOI.ORG/10.17977/UM066V1I62021P526-537

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Mulyaningtyas, R. dan Ekafebriyanti, V. (2021) Pemanfaatan Noveltoon Sebagai media pembelajaran Prosa di SMA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 2, No. 2, Juli-Desember 2021

Purwanto dan Sulistyastuti. (1991). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan, Jakarta: Bumi Aksara Jakarta.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono A., Harjito., Bachtiar, H.W.(2014). MediaPendidikan:Pengertian,Pengembangan,dan Pemanfaatannya.Rajawali Pers.Jakarta.

Susanti, E., Nurhamidah, D., dan Faznur, L. S.. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SMART APPS CREATOR PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. DIALEKTIKA: jurnal bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 8(2), 2021. P-ISSN:2407-506X|E-ISSN:2502-5201 This is an open access article under CC-BY license (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0).

Wahid, A. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR. Jurnal ISTIQRA’, Volume V Nomor 2 Maret 2018. ISSN 2548-7906 (Online), ISSN 2338-9974(Cetak). https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461/377.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com