Implementasi Merdeka Belajar Guru Penggerak dalam Merealisasikan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adri, F. (n.d.). Jurnal Refleksi Mingguan 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/catatan-gp/jurnal-refleksi-mingguan-1-2-nilai-dan-peran-guru-penggerak/
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. 1, 173–186.
Alawi, D., Sumpena, A., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi. 4(4), 5863–5873.
Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System ( LMS ). 01, 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Dhani, R. R. (2020). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45–50.
Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma, Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20–37.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., & Khoirunnisa, A. (2023). Implementasi Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 1 Munjul Jaya. 7, 3714–3723.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Rahmawati, H., Agustiani, N., & Herlina, P. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 3, 4039–4050.
Kemendikbud. (2019). Kebijakan Merdeka Belajar 1: Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/empat-pokok-kebijakan-merdeka-belajar
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). PENERAPAN SISTEM AMONG DALAM PROSES PENDIDIKAN SUATU UPAYA MENGEMBANGKAN. 08(01), 122–141.
Masyarakat, B. K. S. dan H. (2021). Guru Penggerak: Gerakan Gotong Royong Bangun SDM Indonesia yang Unggul. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2021/05/Guru-Penggerak-Gerakan-Gotong-Royong-Bangun-Sdm-Indonesia-Yang-Unggul. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/05/guru-penggerak-gerakan-gotong-royong-bangun-sdm-indonesia-yang-unggul
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar †Perspektif Aliran Progresivisme. Konsep “Merdeka Belajar†Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey, 3(1), 141–147.
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219–232. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432
Pendi, Y. O. (2020). Merdeka Belajar yang Tercermin dalam Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 01 Sedayu Pendahuluan Pendidikan merupakan suatu proses untuk mendewasakan manusia dan. 19, 291–299.
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Jenderal, D., Dan, G., Kependidikan, T., Jenderal, D., Dan, G., & Kependidikan, T. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
Saleh, M. (n.d.). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. 51–56.
Satyahadewi, N., Amir, A., Linda, R., & Ashari, A. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(16), 233–245. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5519
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). PERAN GURU PENGGERAK DALAM PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. 14(2), 88–99.
Sirait, S. (2021). Implementation of Hots-Based Learning and Problem Based Learning during the Pandemic of COVID-19 in SMA Budi Mulia Jakarta. 8(2), 296–305.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., & Hernawan, A. H. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. 6(5), 8248–8258.
SUPIANNOR. (2022). Peran dan Nilai-nilai Guru Penggerak KOLABORASI. Https://Sekolah.Penggerak.Kemdikbud.Go.Id/Gurupenggerak/Catatan-Gp/Peran-Dan-Nilai-Nilai-Guru-Penggerak-Kolaborasi/.
Suyanto. (n.d.). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar. https://suyanto.id/implikasi-kebijakan-merdeka-belajar/
Yushardi, N. M. dan. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12, 205–213.
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “ Merdeka Belajar †dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. 1(1), 18–23.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com