Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Palembang

Siti Rukiyah, Sri Wahyuni Indarawati, Ida Laila

Abstract


Based on the results of improving learning carried out through Classroom Action Research (CAR), it can be concluded that the use of audio-visual media can improve the skills of writing explanatory texts at SMK Negeri 1 Palembang class XI AKL 1 in Indonesian subjects with the sub-subjects of explanatory texts as follows.  The results obtained by students during the learning improvement activities in the first cycle of students who have obtained a score of 70 reach 17 students with an average score of 59, the student activity score is 44% and the learning completeness is 50%.  Then the second cycle of students who get a score of

70 reaches 31 students with an average score of 83, the student activity rate is 91% and the learning completeness has reached

91%. Thus the desired target has been achieved and student learning outcomes have reached the KKM

Keywords


Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dan Media Audio Visual

Full Text:

PDF

References


Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemnafaatan Media Audio visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro. Vol 5. No.1.Hal:1-10 Kosasih, E. & Restuti. (2013). Mandiri Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kosasih, E. (2016). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Penelitian Heppy Artika Sembiring, Sadieli Telaumbanua (2019). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Dharma Pancasila Medan

Penelitian Novita Andyani, Kundharu Saddhono, Yant Mujyanto (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audio visual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Penelitian Sunarsih (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Melalui Media Audio visual Dengan Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Pejagoan.

Prosisding Bintang Togina Suryani S, dan Wisman Hadi (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio visual pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Penelitian Edy Suprianto (2019). Implementasi Media Audio visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi.

Sanjaaya,W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardarita, Ratu. (2022). Relaah Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Elamatera.

Hasil observasi peneliti (2021) di SMK Negeri 1 Palembang, penulis melihat siswa/i setiap kelas bahwa kemampuan menulis siswa masih sangat rendah.

Wawancara yang dilakukan peneliti dengan Elyana (2021) selaku guru Bahasa Indonesia, mengenai pengalamannya dalam memberikan materi yang berkaitan dengan judul peneliti

Hasil obsevasi (2021) pada prasiklus yang penulis lakukan pada hari selasa tanggal 12 April 2021 menunjukkan bahwa keterampilan dan motivasi menulis siswa masih sangat rendah.

https://images.app.goo.gl/gtrcaVGPBWzZB9u5A

https://www.academia.edu/28338802/PEMBELAJARAN_TEKS_DALAM_PEMBELAJARAN_BAHASA _INDONESIA_PADA_KURIKULUM_2013_DI_SEKOLAH




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com