Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text melalui Model Round Table pada Siswa Kelas VIIIB SMPN 11 Muaro Jambi

Rahardiansyah Rahardiansyah

Abstract


Penelitian ini adalah sebuah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas VIIIB bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis descriptive text siswa melalui model kooperatif tipe round table. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMPN 11 Muaro Jambi tahun ajaran 2019/2020 semester genap. Pada pelaksanaanya Penelitian Tindakan Kelas ini terbagi dalam dua siklus. Dalam teknik pengumpulan data,peneliti menggunakan pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara serta tes tertulis. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, catatan lapangan, angket, lembar penilaian keterampilan menulis deskripsi, dan pedoman wawancara.Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik.Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe round table dapat meningkatkan keterampilan menulis descriptive text siswa kelas SMPN 11 Muaro Jambi. Peningkatan tersebut terlihat dari kondisi siswa yang lebih fokus, lebih antusias, lebih mandiri, serta lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal tersebut terlihat pada hasil tes menulis deskripsi dari pratindakan hingga siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas juga meningkat, yaitu pratindakan 60,05, siklus I 70,43, dan siklus II 78,50. Penulisan karangan descriptive text dengan model kooperatif tipe round table memudahkan siswa dalam penemuan dan penuangan ide. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe round table berhasil dalam meningkatkan keterampilan menulis descriptive text siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com