Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII SMPIT Insan Harapan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aritonang, I., dan Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 735-743.
Asmara, A. S., Waluya, S. B., dan Rochmad, R. (2017). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas X berdasarkan kemampuan matematika. Scholaria, 7(2), 135-142.
Astuti, A. D. K. P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(2), 37-46.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., dan Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187-200.
Gunantara, G., Suarjana, I. M., dan Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Hidayat, R., Rahmatudin, J., dan Sriwahyuni, A. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 301050.
Hidayat, R., Roza, Y., dan Murni, A. (2019). Peran penerapan model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213-218.
Hutagaol, A. S. R., dan Sopia, N. (2020). Kemampuan literasi matematika mahasiswa dalam model Problem Based Learning melalui daring. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2), 86-96.
Indah, N., Mania, S., dan Nursalam, N. (2016). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(2), 200-210.
Khoiri, W., Rochmad, R., dan Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1).
Maknuny, N. L. L. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap berpikir kreatif dan literasi sains siswa mata pelajaran biologi kelas XI MA Nurul Huda Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Nugroho, L. A., Prayitno, B. A., dan Karyanto, P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Ekologi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1), 1. Nurhayati, Y. (2018). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana. In Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (Vol. 8). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Siddiq, M. N., Supriatno, B., dan Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18-24.
Ela Nurlaela1, Adi Ihsan Imami2, Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Di Kelas VII SMPIT Insan Harapan
Siswandari, H., Setyani, Y. L., Nurdianti, D., Asikin, M., dan Ardiansyah, A. S. (2021, December). Telaah Model Problem Based Learning Bernuansa STEM Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Menuju PISA 2022. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 1, pp. 586-611).
Sofyan, H., Wagiran, W., dan Komariah, K. (2015). Model pembelajaran problem Based Learning dalam implementasi kurikulum 2013 DI SMK. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 10(1).
Wardono, W., Waluya, B., Kartono, K., Mulyon006F, M., & Mariani, S. (2018, February). Literasi Matematika Siswa SMP Pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo Schoology. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 477-497).
Widiana, R., Maharani, A. D., dan Rowdoh, R. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA. Ta'dib, 23(1), 87-94. Widiastuti, E. R., dan Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687-1699.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Dikdaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com