The Implementation of Learning Natural Materials Centers in an Effort to Improve Early Chilhood 5-6 Years Science Skills in Kindergarten Al –Azhar Diniyyah Jambi

Sri Mulyati, Hotma Sumeriwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sentra materi alam dalam upaya meningkatkan kemampuan ilmiah PAUD usia 5-6 tahun serta mendeskripsikan faktor penghambat sentra materi yang menghambat kemampuan ilmiah anak. Hasil penelitian dari proses pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran sentra berbasis alam dapat menunjukkan bahwa terdapat tujuh komponen proses pembelajaran IPA yang meliputi mengamati, membandingkan, mengklasifikasi, mengukur, membuat kesimpulan sederhana serta memprediksi dan mempelajari sentra bahan alam yang dapat meningkatkan kemampuan sains siswa. Untuk mencapai konsep IPA secara utuh, diperlukan upaya dan kompetensi guru dalam memuat aspek hakikat IPA dalam proses pembelajaran. Salah satu faktor utamanya adalah rendahnya pemahaman guru terkait konsep IPA PAUD.

 


Keywords


materi alam dan keterampilan sains anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, 2001, Ilmu Pendidikan , Jakarta : Rineka Cipta

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Standart Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta. 2010

Eshach , H.,& Fried, M. N . (2005). Should science be taught in early chilhood ? Journal for science Education and Technology.

Gelman , R.,& Brenneman, K . (2004) Science learning pathway for young children . Early chilhood

Research Quarterly.

Greenfield, D.B.,Jirout ,J., Dominguez (2009). Science in the preschool classroom : A Programmatic

research agenda to improve science readness.

Hamzah Uno dan Satria Koni.Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2012

Jo Ann Brewer. Introduction to Early Childhood Education Preschool Through Primary

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. PT Rineka Cipta. Jakarta

Montolalu, B.E.F. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Masitoh, Ocih, Heny. 2005. Pendekatan Belajar Aktif Di TK. Jakarta: Diretur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan

Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Mini, R. 2010. Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak

Rachmawati Yeni, Kurniati Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-

kanak. Kencana Penada Media Group. Jakarta.

Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara. 2008

Sujiono, Yuliani Nurani. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Diretur Pembinaan Pendidikan

Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan tinggi.

Suyadi. 2011. Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, S. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat.

Yudhistira. (2012). Pendidikan karakter dengan motode sentra. Bekasi: Media Pustaka Sentra




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com