Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Fungsi Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Merangin

Basri Basri, Khairinal Khairinal, Firman Firman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan fungsi guru di SMA Negeri 4 Merangin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan meneliti kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling, teknik pengumpulan dengan trainggulasi, analisis data bersifat indukatif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna. Hasil penelitian ini adalah manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan fungsi guru di SMA Negeri 4 Merangin dilakukan memberikan kesempatan guru melakukan pengembangan diri seperti melanjutkan pendidikan ke Magister (S2), mengikuti pelatihan kurikulum 2013, menargetkan sertifikasi guru dan adaptasi guru terhadap Pendidikan. Kepala sekolah melakukan pengorganisasian dalam meningkatkan fungsi guru di SMA Negeri 4 Merangin yaitu pembagian tugas ditawarkan kepada setiap personil sesuai dengan kemampuannya. Pada aspek penggerakan kepala sekolah dalam bentuk dorongan, komunikasi dan koordinasi kepada setiap personil untuk bekerja, meskipun kurang sesuai visi dan fasilitas yang terbatas. Kepala sekolah melakukan pengawasan tidak dievaluasi secara berkala. Kendala kepala sekolah dalam meningkatkan fungsi guru di SMA Negeri 4 Merangin adalah status guru belum semua PNS sehingga mempengaruhi kesejahteraan dan profesionalitas. Kemudian kualitas dan kuantitas media/alat praktikum masih terbatas serta anggaran yang belum mendukung operasional sekolah dan peluang mengikuti pelatihan yang sedikit.


Keywords


Manajemen Kepala Sekolah, Fungsi Guru

Full Text:

PDF

References


Creswell, J.W. 2011. Educational research. Boston: Pearson Education Inc.

Danim, S. 2013. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Engkoswara dan Aan Komariah. 2012. Administrasi pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Karwati, E. dan Donni Juni Priansa. 2013. Kinerja Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang

Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Khairinal. 2018. Penelitian Kualitatif: Teori, Model dan Skema. Jambi: Salim Media Indonesia.

Kompri. 2015. Manajemen pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Miles, M.B. dan A.M. Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru Terj.

Tjetjep Rohedi Rohidi Jakarta: UI Press.

Muhaimin. 2003. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: PSAPM.

Mukhtar & Iskandar. 2013. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Mulyasa, E. 2008 Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cet. III. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2012. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nurdin, Muhammad. 2004. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogyakarta: Prismasophie.

Permadi, D. dan Arifin, D. 2013. Panduan Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Aulia.

Pramono, O. 2013. Leadership 1⁄2 Malaikat Solusi jitu Atasi Krisis Kepimimpinan Yogyakarta: Sura Media Utama. Rosyada, D. 2003. Paradigma Pendidikan Demokratis, Jakarta: Kencana.

Sagala, S. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.

Siagian, S.P. 1989. Fungsi-fungsi manajerial, Jakarta: Bina Aksara.

Stronge, J.H., Richard, HB. dan Catano, N. 2008. Qualities of Effective Principals, Terj. Siti Mahyuni. Alexandria

VA, Association for Supervision dan Curriculum Development (ASCD) N. Beauregard St. Sugiyono. 2014. Peta Jalan Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: TIM Universitas Negeri Yogyakarta. Wahab, AA. 2008. Anatomi organisasi dan kepemimpinan pendidikan. Bandung: Alfabeta. Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Yahya, M. 2013. Profesi tenaga kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Zainuddin. 2007. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com