Meningkatkan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas 7A SMP N 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2019-2020

Parida Ariati

Abstract


Penyesuaian diri di sekolah adalah suatu usaha atau proses yang dilakukan oleh seorang individu atau siswa dalam keadaan di lingkungan sekolah yang baru dikenalnya yang bertujuan untuk mencapai suatu hubungan yang harmonis antara lingkungan sekolah yang baru dengan individu tersebut untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Bimbingan klasikal diberikan di kelas dengan materi yang dipersiapkan melalui RPL Bimbingan dan Konseling serta memperhatikan aktivitas agar terjadi interaksi yang membimbing antara guru BK dengan peserta didik dan proses belajar antar konseli. Tujuan bimbingan klasikal adalah membantu konseli agar mampu menyesuaikan diri, mampu mengambil keputusan untuk hidupnya sendiri, mampu beradaptasi dalam kelompok, mampu menerima support atau dapat memberikan support pada teman-temannya. Layanan bimbingan klasikal dapat digunakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah. Penyesuaian diri siswa sebelum responden memperoleh perlakuan berupa bimbingan klasikal diperoleh kriteria rendah (25%). Setelah mendapatkan bimbingan klasikal, kriteria rendah berkurang (19%) pada siklus I kemudian (0%) pada siklus 2. Pada kategori tinggi dari (3%) meningkat menjadi (34%) dengan demikian, terjadi peningkatan sebesar 31%. Peningkatan tersebut meliputi aspek penyesuaian diri secara positif dan penyesuaian diri secara negatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal mampu meningkatkan penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah. Penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan setelah memperoleh layanan bimbingan klasikal yang berarti bimbingan klasikal dapat meningkatkan penyesuian diri terhadap lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian melalui layanan bimbingan klasikal pada siswa kelas VII A SMPN 7 Muaro Jambi tahun pelajaran 2019/2020 terjadi peningkatan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah melalui layanan bimbingan klasikal.


Keywords


Layanan Bimbingan Klasikal, Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Aliasar, M. (2008). Bahan Ajar Pedagogik. Padang: UNP.

Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Irawan. (2000). Logika dan Prosedur Penelitian. Jakarta: STIA-LAN.

Kreitne, R & Kinichi. (2001). Organizational Behavior, Fith Edition International Edition, MC Grawu

Hill Companies, Inc.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Kustini. (2005). Pengaruh Locus Of Control, Orintasi Tujuan Pembelajaran dan Lingkungan Kerja

Terhadap Self Efficacy dan Tranfer Pelatihan Karywan PT, Telkom Kandetel Surabaya Timur.

Studi Ilmu Penggembangan Sumber Daya Manusia, Thesis.Program Pasca Sarjana Universitas Ai. Prasetya, F. D. (2012). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Listrik Otomotif

Siswa Kelas XI Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMKN 2 Depok Sleman,.Jurnal. 1–208. Robbins, P Stephen & Timothy A Judge. (2008). Prilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat. Sardiman, AM. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Soemanto, Wasti. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriwati. (2015). Kecerdasan Dan Gaya Belajar. Medan: Larispa Indonesia.

Sudjana. (2010). Dasar-Dasar Prosese Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com