Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Siswa Kelas X IPA 1 SMA N 3 Kerinci

Dien Violeta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Kerinci dengan memanfaatkan aplikasi google classroom sebagai salah satu upaya pembelajaran selama pandemi Covid-19 pada materi Trigonometri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Upaya pembelajaran yang digunakan dengan memanfaatkan aplikasi google classroom. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada peserta didik. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa upaya pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi google classroom selama pandemi Covid-19 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Trigonometri Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Kerinci, Hasil analisis data, ketuntasan hasil belajar matematika pada siklus 1 dengan rata-rata nilai 72 atau 64%, pada siklus 2 menunjukkan peningkatan dengan capaian ketuntasan 84 atau 88%. Hal ini menunjukkan bahwa target persentase ketuntasan peserta didik telah melebihi dari nilai batas minimal. Oleh Karena itu disarankan kepada guru mata pelajaran matematika agar menggunakan teknologi aplikasi google classroom sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan dalam belajar matematika terutama pada materi Trigonometri.


Keywords


Google Clasroom, pembelajaran, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Anni, Chatarina tri,dkk. (2006) Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Eka Warna. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Hakim, Abdul Barir. (2016). Efektivitas Penggunaan E-Learning moodle, Google Classroom dan Edmodo

Jurnal: I – Statement. Vol. 02 No. I.

Hardiyana, Andri. (2015). Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu

Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon: SMA Negeri 1 Losari.

Iftakhar, Shampa. (2016). “Google Classroom: What Works an How?”. Journal of Education and Social

Sciences. Vol 3.

I Made Bhudi Saputra, dkk. (2021). Modul 01 Merdeka Belajar Bersama rumah belajar. Jakarta: Kemendikbud

Sumarni dan Refinaldi, Internal Locus Of Control, Pemberian Punichment, dan Gaya Belajar Visual terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STKIP Nasional Pariaman

Kayatun, Sri. (2014). “Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, Nomer 4, April 2014.

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365- 379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-

Mendikbud No 4 (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat Covid 19. Rumah Belajar :http://belajar.kemendikbud.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com