Analisis Potensi Pasar Komoditi Rumput Laut di Desa Kampung Bunga Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe

Sumarni Sumarni, Mursalim Mursalim

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Desa Kampung Bunga Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe dengan tujuan untuk menganalisis prospek pengembangan pemasaran komoditas rumput laut dan menganalisis prospek peningkatan pendapatan petani. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa. Komoditas rumput laut di Desa Kampung Bunga Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe memiliki potensi pemasaran yang ditunjukkan oleh: a). Produksi tertinggi saat ini mencapai 2.924 kg per musim tanam atau selama 45 hari. B). Permintaan pembeli komoditas rumput laut di Desa Kampung Bunga minimal 20 ton per musim tanam. C). Tempat pemasaran komoditas rumput laut saat ini sudah tersedia baik di Desa Kampung Bunga maupun di luar Desa Kampung Bunga seperti di Kota Kendari. D). Infrastruktur pemasaran seperti kendaraan bermotor tersedia setiap saat. Sarana pemasaran/lembaga pemasaran komoditas rumput laut meliputi 3 kios atau pembeli di Desa Kampung Bunga dan 3 toko/UD di Kendari. e). Harga komoditas rumput laut dinilai cukup oleh 72 persen responden, bahkan 28 persen responden memberikan penilaian sangat memadai, dengan kisaran harga Rp. 3.800,- sampai dengan Rp. 4.200,- per kg. Pengembangan potensi pemasaran komoditas rumput laut dapat meningkatkan pendapatan aktual petani rumput laut dari Rp. 3.491.000,- per responden per musim menjadi Rp. 9.949.000,- per musim tanam.


Keywords


Pemasaran, Potensi, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan. 1990. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep,dan Strategi, Jakarta: Rajawali Pers. Boediono., 1984. Ekonomi Mikro, Yogyakarta : BPFE.

Echols, John M. Dan hassan Shadily. 1987. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia. Hernanto, Fadholi., 1989. Ilmu Usahatani, Jakarta : Penebar Swadaya.

Kotler, P., 1990. Manajemen Pemasaran, Edisi ke Enam, Jakarta : Erlangga.

., 1993. Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jilid I Edisi VIII, Jakarta :

Fakultas Ekonomi-UI.

Mahruzar., 1991. Marketing Masa Kini, Jakarta : Penerbit Jambatan.

Mosher, A.T., 1968. Menggerakkan dan Membangun Pertanian, Jakarta : CV. Yasaguna.

Mubyarto., 1981. Pengantar Ekonomi Pertanian, Jakarta : LP3ES.

Prawirokusumo, Soeharto., 1990. Ilmu Usahatani, Yogyakarta : BPFE

Sudarman, Ari., 1989. Teori Ekonomi Mikro, Jilid 1. Yogyakarta : BPFE

Soemitro, Rochmat., 1983. Pengantar Ekonomi dan Ekonomi Pancasila, Bandung : PT. Eresco. Swastha, Basu dan Irawan,. 1985. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta : Liberty.

Sudjana., 1988. Metode Statistika, Bandung : Tarsito.

Stanton, William J., 1981. Fundamentals of Marketing. MC. Grafik Koghasuka Ltd. Tokyo, Edisi III. Soekartawi., 1995. Analisis Usahatani, Jakarta : UI-Press.

Tohir, Kaslan A., 1983. Seuntai Pengetahuan Tentang Usahatani Indonesia, Jakarta : PT. Bina Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com