Efektivitas Pemberian Umpan Balik (Feedback) Melalui Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Texk Deskriptif pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Wawotobi

Hartati Hartati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian umpan balik melalui aplikasi Google classroom dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa pada siswa kelas VIII MTS Negeri 1 Wawotobi. Penelitian ini tergolong penelitian pra-eksperimen yang menggunakan one group pre-test dan post-test. Dalam one group pre-test and post-test design, satu kelompok diukur atau diamati tidak hanya setelah diberi perlakuan, tetapi juga sebelum diberi perlakuan. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS, versi 24.0) dimana data penelitian ini meliputi data kuantitatif yaitu keterampilan berbicara siswa pada pre-test dan post-test. Oleh karena itu, data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, sedangkan untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan Paired Sample t-test untuk menarik kesimpulan diterima atau tidak. Temuan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam nilai tes siswa antara mereka yang menghadiri kelas Google sebagai media dan mereka yang mengalami pembelajaran konvensional p (.000) <0,05. Mengingat semua temuan ini, umpan balik melalui aplikasi google classroom secara signifikan mempengaruhi kemampuan menulis siswa.


Keywords


Umpan Balik, Google Classroom, Kemampuan Menulis

Full Text:

PDF

References


Halidi, H. M., Saehana, S., & Husain, S. N. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. e-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.

Mardhiah, A., & Ali Akbar, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil BelajarKimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–58.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com