Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematisa Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Kerinci

Zahara Zahara

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh secara parsial kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kerinci; 2) untuk mengetahui pengaruh secara parsial kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kerinci; dan 3) untuk mengetahui pengaruh secara simultan kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dengan jenis pendekatan penelitian survey, yang menjadi populasinya adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kerinci yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari jumlah populasi melalui teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling, Untuk menghitung sampel penelitian dari populasi tersebut, peneliti menggunakan pedoman penentuan sampel yang dikembangkan dari rumus Slovin dengan taraf tingkat kesalahan 10% sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kemandirian belajar (X1) dan kemampuan komunikasi matematis (X2) dengan skala likert untuk mengukurnya, serta hasil belajar matematika beardasarkan hasil belajar setelah proses belajar mengajar pada mata pelajaran matematika berakhir. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda bantuan program SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian ini bahwa 1) terdapat pengaruh secara parsial kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kerinci ditandai dengan nilai t hitung > t tabel (3.290 > 1.683) dan siginifikansi 0,034 < 0,05; 2) terdapat pengaruh secara parsial kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kerinci ditandai dengan nilai t hitung > t tabel (-2.375 > 1.683) dan siginifikansi 0,019 < 0,05; 3) tidak terdapat pengaruh secara simultan antara kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kerinci ditandai dengan nilai F hitung < F tabel 1.842< 3.214) dan siginifikansi 0,089 > 0,05. Besarnya pengaruh kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kerinci tergolong lemah yaitu sejumlah 21,4% dengan sisa 78,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.


Keywords


Kemandirian Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aliasar, M. (2008). Bahan Ajar Pedagogik. Padang: UNP.

Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Irawan. (2000). Logika dan Prosedur Penelitian. Jakarta: STIA-LAN.

Kreitne, R & Kinichi. (2001). Organizational Behavior, Fith Edition International Edition, MC Grawu

Hill Companies, Inc.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Zahara,Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematisa Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kerinci

Kustini. (2005). Pengaruh Locus Of Control, Orintasi Tujuan Pembelajaran dan Lingkungan Kerja

Terhadap Self Efficacy dan Tranfer Pelatihan Karywan PT, Telkom Kandetel Surabaya Timur.

Studi Ilmu Penggembangan Sumber Daya Manusia, Thesis.Program Pasca Sarjana Universitas Ai. Prasetya, F. D. (2012). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Listrik Otomotif

Siswa Kelas XI Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMKN 2 Depok Sleman,.Jurnal. 1–208. Robbins, P Stephen & Timothy A Judge. (2008). Prilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat. Sardiman, AM. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Soemanto, Wasti. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriwati. (2015). Kecerdasan Dan Gaya Belajar. Medan: Larispa Indonesia.

Sudjana. (2010). Dasar-Dasar Prosese Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com