Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 7 Kerinci

Ermannudin Ermannudin

Abstract


Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA 7 Kerinci sebanyak dua kelas, dimana penulis memberikan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di kelas tersebut berjumlah 48 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah populasi itu sendiri berjumlah 48 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket berbentuk pernyataan dengan skala liket sebagai pengukuranya untuk mengukur variable efikasi diri (X) dan untuk mengukur prestasi belajar dapat dilihat dari hasil belajar mata pelajaran ekonomi semester genap tahun ajar 2020/2021. Perhitungan data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan melihat pengaruhnya melalui uji t. Ada beberapa tahapan-tahapan sebelum uji tersebut dilakukan seperti uji validitas, uji homogenitas, dan uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji homogenitas). Hasil dari penelitian ini adalah variabel efikasi diri (X) memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kerinci dengan melihat hasil perhitungan Nilai t hitung diperoleh sebesar 2,285 > dari t tabel sebesar 2.011 atau taraf signifikansi sebesar 0,034 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar tergolong cukup kuat yaitu sebesar 42,3% dan sisanya diperngaruhi variabel bebas yang lainnya sebesar 57,7%. Semakin tinggi efikasi diri yang dipunyai siswa akan membawa pengaruh yang tinggi juga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan sebaliknya apabila efikasi diri yang dipunyai siswa rendah maka akan membawa pengaruh yang rendah juga prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.


Keywords


Efikasi Diri, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Arikunto,Suharsimi.2017.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2.Jakarta : PT Bumi Aksara

Ermannudin, Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 7 Kerinci

Artha, W. I., & Supriyadi. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan

Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Psikologi Udayana, I(1), 190-202.

Azwar. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bandura, A. 1997. Self Efficacy – The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman

& Company

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fathhulkhoir, A.S. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

(GI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI pada Materi Koloid Di SMA Negeri 2

Bantul Yogyakarta. Skripsi UIN Sunan Kalijaga. Tidak Diterbitkan

Feist, J. & Gregory J. Feist. 2009. Theories of Personality (Edisi Keenam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Friedman, Howard S. & Schustack, Miriam W. 2006. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern Edisi

Ketiga Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ghufron & Risnawita. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro

Hidayat, Dede Rahmat. 2015. Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor: Grafika Telindo Press Ihsana, 2017. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istirani, dan Intan Pulungan.2017.Enslikopedia Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada

Kagan, S. 1994. Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Cooperative Learning.

Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan

Agama Islam. Jurnal Kependidikan. Vol. 1 No. 1 November 2013. Diakses pada 20 Maret 2018 dari

https://media.neliti.com/media/publications/

Mawanti, Dwi. 2011. Studi Efikasi Diri Mahasiswa yang bekerja Saat penyusunan Skripsi. Semarang:

Fakultas Tarbiyah

Monika dan Adman. 2017. Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa

sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 2 No. 2, Juli 2017, Hal.

-226

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang Jilid 2 Edisi

Terjemah. Jakarta: Erlangga,

Pinasti, Woro. 2011. Pengaruh Self-Efficacy, Locus Of Control, dan Faktor Demografis Terhadap

Kematangan Karir Mahasiswa. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pratiwi,Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa

Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal

Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:

ALFABETA.

Rosyid, Moh Zaiful, Mustajab, Aminol. 2019. Prestasi Belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Smith, Mark K et.al (2010). Learning and Teaching Theory: Measuring Your Success in Teaching and

Learning with the World's Educational Psychologists. Jogjakara: Mirza Media Pustaka

Susanti, Lidia. 2019. Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik Teori dan Implementasinya. Jakarta:

Bumi Aksara

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Dikdaya
ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Batanghari Jambi
Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi
Telepon. 0741-667089 | e-mail: dikdaya.unbari@gmail.com